Unpas Mantapkan Visi Entrepreneurial University, Berbagi Insight Bersama Rektor Amikom Yogyakarta

- Jumat, 16 Desember 2022 | 11:52 WIB
Unpas Mantapkan Visi Entrepreneurial University, Berbagi Insight Bersama Rektor Amikom Yogyakarta
Unpas Mantapkan Visi Entrepreneurial University, Berbagi Insight Bersama Rektor Amikom Yogyakarta

KORAN GALA - Universitas Pasundan (Unpas) semakin mantap mewujudkan visi entrepreneurial university di tahun 2037. Upaya ‘ngangsu kawruh’ terus dilakukan, salah satunya dengan menghadirkan Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. Dr. M. Suyanto, M.M. yang lebih dulu menggagas visi perguruan tinggi berbasis entrepreneur.

Amikom bahkan tengah menyongsong universitas generasi ke-4 dengan pendekatan open innovation. Pendekatan ini akan melahirkan calon profesional, saintis, dan entrepreneur.

Dalam seminar pekan Dies Natalis ke-62 Unpas “Insight Menuju Perguruan Tinggi Generasi ke-4 Berbasis Entrepreneurial dan Teknologi” Selasa13 , Prof. Suyanto berbagi tentang kiat-kiat menjadi universitas generasi ke-4.

Baca Juga: Ini Penting! Tujuh Hal Wajib Sebelum Belanja Online Akhir Tahun 2022

“Prof. Suyanto berhasil mengimplementasikan dan menghilirisasikan literasi digital, literasi teknologi, literasi data, dan literasi humanis. Dengan keempat literasi tersebut, beliau mampu menghadapi perkembangan transformasi digital,” ujar Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU, dalam keterangannya, Jumat 16 Desember 2022.

Prof. Suyanto aktif menyumbang ide dan menjadi tokoh di balik animasi The Battle of Surabaya, Ajisaka: The King and The Flower of Life, Tumbal: The Ritual, dan animasi lainnya.

Ia juga menulis naskah dan menyutradarai film Kinah & Redjo yang berkisah tentang masa muda juru kunci gunung Merapi, Mbah Maridjan.

Animasi dan film garapannya berhasil menyabet puluhan penghargaan bergengsi meski sempat diragukan tidak mampu bersaing dengan animasi kelas dunia.

Baca Juga: Resep Kue Bawang Paling Mudah, Empat Langkah Gak Pake Gagal!

“Saat ini, sebagian besar perguruan tinggi masih jadi universitas generasi ke-2. Padahal, kita bisa mengalahkan PTN dengan masuk ke area yang belum mereka sentuh,” katanya.

Riset Berbasis Komersialisasi

Menurutnya, untuk menjadi universitas generasi ke-4, 75 persen penghasilan dari universitas dan unit bisnis mesti digunakan untuk riset yang dapat dikomersialisasikan.

“Generasi ke-4 targetnya menembus new market, bukan existing market. Maka, riset yang dilakukan harus bisa menghasilkan uang untuk mendongkrak ,” paparnya.

Amikom mencoba mencari peluang dan melibatkan mahasiswa untuk terlibat dalam proyek yang profitable. Pada produksi film Kinah & Redjo misalnya, Prof. Suyanto melibatkan mahasiswa dari beberapa prodi untuk mengerjakan bagian yang linier dengan bidang ilmunya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir di Kota Bandung, Bagaimana Peran ASN?

Senin, 8 Mei 2023 | 07:13 WIB

Ini Sosok Paripurna Muslim di Bulan Ramadhan

Rabu, 19 April 2023 | 05:44 WIB
X