Galeri Rasulullah Diresmikan, Aher: Sesuai dengan Sirah Nabi, Harus Menjadi Teladan Kehidupan

- Selasa, 28 Maret 2023 | 05:33 WIB
Gubernur jabar, Ridwan Kamil meninjau Galeri Rasulullah di Masjid Al Jabbar, Senin (27/3/2023).
Gubernur jabar, Ridwan Kamil meninjau Galeri Rasulullah di Masjid Al Jabbar, Senin (27/3/2023).

KORAN GALA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar pada Senin 27 Maret 2023. Peresmian disaksikan Gubernur Jabar tahun 2008-2018, Ahmad Heryawan, Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, Forkopimda Jabar.

"Tanggal 27 Maret kita secara resmi membuka fasilitas teristimewa di Indonesia yang namanya Galeri Rasulullah dan perkembangan sejarah Islam di Indonesia dan Jawa Barat. Sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat umum," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil.

"Namun karena keterbatasan tempat, maka pendaftaran akan dilakukan secara online melalui aplikasi Sapawarga salah satunya. Nanti panitia akan memberikan data lebih detail," sambungnya.

Baca Juga: Viral Seorang Pria Bagi Bagi Amplop Gambar Kader PDIP di Masjid Akhirnya Beri Klarifikasi

Ia menyebutkan,  luas Galeri Rasulullah adalah 3.000 m2. Di dalamnya ada sejarah zaman jahiliyah, lahirnya Rasul di tahun gajah. Kemudian mendapatkan wahyu pertama dan seterusnya sampai haji wada, wafat dan Islam berkembang ke seluruh dunia, masuk ke nusantara. 

"Ini sangat padat, sangat banyak informasi yang bisa dijadikan ilmu pengetahuan oleh masyarakat. Mudah-mudahan menjadi sebuah kebanggaan. Bahwa di atasnya ada tempat sholat yang luar biasa besar. Dibawahnya museum pengetahuan keislaman yang sangat komprehensif," ujar Emil.

Di luarnya ada danau pengendali banjir dan sebagainya. "Mudah-mudahan ini meramaikan khazanah wisata religi yang menjadi kebanggaan kita semua," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Heryawan mengatakan saat membangun Masjid Al Jabbar ini sudah diniatkan harus ada nilai lebihnya. Harus ada sesuatu yang bisa menggambarkan pemahaman ajaran Islam lewat perjalanan sejarah. Maka tercetuslah untuk membuat Galeri Rasulullah.

Baca Juga: Anak dan Istri Hidup Bermewah-mewahan, Sekda Riau Bakal Diperiksa KPK

"Kita bahkan sempat studi banding ke Mekah. Di sana ada Marod Assalamualaika Yaa Nabi. Makanya kita inginnya galeri bukan museum. Marod arau galeri itu lebih hidup. Apalagi ada sentuhan teknologinya dan melalui cerita dan deskripsi yang menarik, kan jadi lebih hidup," jelas Aher.

Ia berharap Galeri Rasulullah ini sesuai dengan sirah Nabi Muhammad yakni bisa menjadi teladan kehidupan. Bagi siapapun sebagai umat Nabi yang mengharap selamat di dunia dan di akhirat.

"Saya sangat bergembira dan bahagia dengan hadirnya Galeri Rasulullah ini. Dari Galeri ini diharapkan bisa memberikan pemahaman soal Islam yang lebih mudah dipahami. Bahwa Islam yang sesungguhnya itu indah dan nyaman," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Benny Bachtiar mengatakan dalam mengelola Galeri Rasulullah pihaknya sudah membentuk tim. Ke depan rencananya akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

Baca Juga: Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Gibran Tunggu Instruksi FIFA dan PSSI

"Kenapa oleh pihak ketiga karena kalau dikelola oleh kami ini belum tentu akan bisa dikelola secara profesional, tapi kalau dia pihak ketiga InsyaAllah akan lebih profesional dan untuk menjaga keberlangsungan dari galeri ini," jelas Benny.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir di Kota Bandung, Bagaimana Peran ASN?

Senin, 8 Mei 2023 | 07:13 WIB

Ini Sosok Paripurna Muslim di Bulan Ramadhan

Rabu, 19 April 2023 | 05:44 WIB
X